expr:class='"loading" + data:blog.mobileClass'>

Selasa, 17 Januari 2017

Daun Cengkeh ( Caryophylli Folium )

Caryophylli Folium
Nama lain                              : Daun Cengkeh
Tanaman asal                        : Syzigium aromaticum (L.), Eugenia aromatic (L.), Eugenia caryophyllata
Keluarga                                : Myrtaceae
Zat berkhasiat utama/isi        : Minyak atsiri, tannin, galat, dan kalsium oksalat


Manfaat Daun Cengkeh

1. Menyingkirkan Kuman
Daun cengkeh memanglah mempunyai manfaat untuk menyingkirkan kuman pada badan. Dalam daun cengkeh ada zat yang bernama eugenol yang berbentuk antiseptik. Hingga daun cengkeh sangatlah bagus dipakai untuk bersihkan badan dari kuman. Untuk bersihkan badan dari kuman langkahnya yaitu rebus sebagian lembar daun cengkeh lalu campur air daun cengkeh ke air yang bakal Anda pakai untuk mandi dengan perbandingan 1 : 4. Dengan hal tersebut Anda mandi dengan air rebusan daun cengkeh supaya badan terlepas dari bakteri.


2. Menyembuhkan Sakit Gigi
Manfaat daun cengkeh setelah itu yaitu untuk menyembuhkan sakit gigi. Sakit gigi yang disebabkan oleh kuman lantaran tidak melindungi kebersihan dapat diatasi dengan memakai daun cengkeh. Langkah mudahnya yaitu dengan mengambil sebagian lembar daun cengkeh lalu disangrai serta dihaluskan. Selepas itu taburan bubuk daun cengkeh Anda tempatkan dibagian gigi yang sakit.

3. Menyembuhkan Infeksi Pernapasan

Daun cengkeh dapat memperlancar sistem pernapasan serta menyingkirkan lendir yang kerap menghalangi pernapasan. Untuk tersebut daun cengkeh bagus untuk dikonsumsi untuk mereka yang mempunyai permasalahan saluran pernapasan.


4. Menyingkirkan Noda Sisa Jerawat
Jadi untuk Anda yang ingi terlepas dari sisa jerawat dapat memakai daun cengkeh sebagai pemecahannya. Langkahnya juga gampang dengan merebus daun cengkeh lalu Anda basuhkan rebusan daun cengkeh ke sisi yang ada sisa jerawat. Kerjakan perlahan-lahan serta teratur. Maka hasil akhirnya yaitu muka bersih tanpa ada noda.

5. Pewangi Baju Alami
Daun cengkeh nyatanya dapat jadi pewangi untuk baju. Daun cengkeh bermanfaat untuk menyingkirkan bau tidak enak pada pakaian. Dengan demikian dapat memakai daun cengkeh sebagai pewangi supaya pakaian terus wangi. Langkah memakai daun cengkeh untuk pewangi baju yaitu dengan menyimpan daun serta batang cengkeh pada almari pakaian lalu ubah sepanjang 4 atau 5 hari sekali. Bau yang diakibatkan dari daun serta batang cengkeh ini dapat melindungi pakaian dari bau tidak enak.


6. Dapat Dijadikan Pestisida


Langkah menjadikan pestisida dari serasah daun cengkeh yakni dengan mengambil daun cengkeh dari lapangan, lalu dicuci dengan air bersih. Ditimbang dengan berat 200 gr. Daun cengkeh itu setelah itu diblender. Daun cengkeh yang sudah diblender digabung dengan air sejumlah 1 liter, serta dimasukkan ke ember, di rendam sepanjang 24 jam. Selepas 24 jam larutan disaring dengan kain halus, sebagaimana kain sifon. Larutan hasil saringan sudah siap dipakai. Larutan cengkeh yang sudah didapat, bisa diterapkan dilapangan. Di mana dosis aplikasi larutan cengkeh yakni 200 g/l air. Saat sebelum aplikasi ke larutan ditambahkan tepung kanji sebagai bahan perata. Aplikasi pestisida nabati ini dikerjakan 3 hari sekali atau 6 hari sekali. Aplikasi larutan cengkeh dikerjakan dengan memakai sprayer lewat cara disemprotkan ke tanaman pada sore hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar